Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Sayur Kohlrabi gantinya Labu Siam

http://jehsee.blogspot.com/2015/06/sayur-kohlrabi-gantinya-labu-siam.html
Bismillah..
Yuhuuu...greeting from our homeland..! Alhamdulillah kami udah kembali ke tanah air.. Sejenak lupa sama acara masak-memasak, karena dimanjakan dengan masakan ibu mertua tertjintah, sampe-sampe keenakan dan lupa nikmatnya masak sendiri heheu... Dan imbasnya adalah blog masak pun makin terbengkalai, wkwkw..
Tapi seminggu ini udah rusuh di dapur lagi nih. Alhamdulillaaah... seneng banget, karena ternyata sayah sudah kangen berat acak-acak dapur. Meski rumah masih berantakaaan, kardus-kardus kiriman masih berdatangan, perlengkapan perang di dapur juga belom lengkap, tapi di kepala udah berseliweran resep-resep masakan dan cemilan yang pengen dicobain. Teteeup yah, wkwkwk..

Okeh, mari sekarang bicara resep. Sayur Kohlrabi ini sebenarnya saya masak pas masih di Belgia dulu. Uwooww, basi banget yak, hahah..
Tapi tetep wajib tayang. Kenapaa? Karena labu siam itu langka dan mihiiiil di negara bule sodara-sodara. Sedangkan masakan Indonesa yang nikmat-nikmat itu kan banyak banget yang pake labu siam. Mulai dari sayur asem, sayur lodeh, campuran siomay agar empuk, sampe lontong sayur kaya gini. Trus apa harus puasa makan yang enak-enak tadi? Alhamdulillah ngga yaa, pan ada Kohlrabi. Sayur kohlrabi ini lumrah di negeri empat musim, banyak ditemui di grocery store maupun di pasar. Termasuk jenis kol, dan biasa dijadikan salah satu bahan salad. Bentuknya kaya di bawah ini..

http://jehsee.blogspot.com/2015/06/sayur-kohlrabi-gantinya-labu-siam.html
Sekilas dilihat kayanya berkulit tipis macem bengkoang, tapi ternyata kulitnya lumayan tebal. Teksturnya sendiri menurut saya juga mirip bengkoang saat mentah, tapi kalo mateng emang bener-bener mirip labu siam. Sayang banget saya telat banget kenal si kohlrabi ini. Tau gitu dari duluuu yak, mbikin lontong sayur pake kohlrabi :D
Btw ini saya lupa kenapa si lontong ga ikut kepoto.. Entah udah abis duluan apa belom mateng, heheu. Tapi dulu pernah saya posting resep lontong dimarih. Monggo diubek-ubek yah..

http://jehsee.blogspot.com/2017/05/sayur-kohlrabi-gantinya-labu-siam.html
Sayur Kohlrabi/Sayur Labu Siam

Bahan
4 buah kohlrabi, potong korek api
100 gr udang kupas, cincang kasar
1 liter santan
1 batang sereh, keprek/memarkan
2 cm lengkuas, keprek /memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Bumbu halus
6 bawang merah
3 bawang putih
4 cabe merah besar (tambahkan rawit jika mau pedas)
3 butir kemiri, sangrai
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt terasi matang

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus bersama sereh, daun salam dan lengkuas serta daun jeruk hingga wangi dan matang. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Tambahkan santan, didihkan sambil sesekali diaduk
2. Setelah mendidih, masukkan sayur kohlrabi. Tambahkan gula garam sesuai selera. Masak hingga sayuran matang. Cicipi, angkat

Taburi dengan bawang goreng dan sajikan dengan lontong. Mantaaab..

http://jehsee.blogspot.com/2017/05/sayur-kohlrabi-gantinya-labu-siam.html
Selamat mencoba :)




Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa