Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Risoles Isi Sayuran Dan Keju


http://jehsee.blogspot.com/2015/02/risoles-isi-sayuran-dan-keju.html
Bismillah..
Beberapa waktu yang lalu, kami kebagian nyicipi risoles ragout yang dibuat oleh seorang chef dari Indonesia yang bekerja di sini. MasyaAllah.. itu risoles rasanya endeeeuss bener. Creamy dan ngeju.. Isiannya ragout seperti biasa, tapi saya yakin ada campuran krim atau kejunya, soalnya gurih dairynya berasa bangeeet. Browsing kesana sini, ternyata memang ada beberapa resep yang menggunakan parutan keju di ragoutnya. Wah, boleh dicoba nih..

Resep isian ragout dan kulitnya saya merujuk ke resepnya mba Hesti. Tapi saya modif jadi ragout sayuran saja, tanpa daging ataupun ayam cincang. Isiannya hanya kentang dan wortel yang dipotong dadu. Tapi meski hanya sayuran, ragoutnya aseli enaaak. Gurih, creamy dan ngejuu.. Saya kasi sedikit fresh cream dan parutan keju soalnya. Kulitnya juga lembut dan gurih. Untuk kulitnya saya bikin 2x resep, hasilnya total 26 lembar kulit diameter 18-20 cm. Jazakillah khoir mba Hesti untuk resepnya, enyaak pake banget :D

Yasud, yuuk mari kita ceki-ceki resepnya..


http://jehsee.blogspot.com/2015/02/risoles-isi-sayuran-dan-keju.html

Risoles Ragout Sayuran & Keju
diadaptasi dari Hesti's Kitchen

Bahan RAGOUT

2 buah kentang ukuran sedang, potong dadu kecil, rebus hingga agak empuk
2 buah wortel ukuran sedang, potong dadu kecil, rebus hingga agak empuk
3 bawang merah, iris tipis
2 bawang putih, cincang halus
2 sdm margarin
4-5 sdm munjung terigu
250 ml susu cair 
150 ml air putih
50-75 ml fresh cream (bisa diganti susu atau air putih)
50 gr keju, parut
1 batang daun bawang, iris halus
1 seledri, iris halus
2 sdm gula pasir, atau sesuai selera
garam secukupnya
1/2 sdt merica bubuk

Cara membuat
1. Panaskan margarin, tumis duo bawang hingga harum dan layu. Masukkan tepung, aduk hingga berbulir. Masukkan campuran susu cair dan air putih. Aduk terus hingga mulus. 
note: memang akan bergerindil di awal, jangan kuatir, gumpalan akan menghilang seiring adonan panas sambil diaduk.
2. Tambahkan fresh cream, aduk rata. Masukkan wortel dan kentang. Masak hingga sayuran matang dan ragout meletup-letup. 
3. Masukkan daun bawang, seledri, gula pasir, garam dan merica bubuk. Aduk rata dan cicipi. Koreksi rasa sesuai selera
note: ragout rasanya manis-gurih
4. Tambahkan keju parut, aduk rata hingga keju meleleh. Cicipi lagi, koreksi jika perlu, angkat.

Dinginkan ragout sebelum dipakai untuk isian

http://jehsee.blogspot.com/2015/02/risoles-isi-sayuran-dan-keju.html

Bahan KULIT

150 gr tepung terigu protein sedang
1 butir telur
1 kuning telur
1 sdm margarin, dilelehkan
350 ml susu cair
3/4 sdt garam

Cara membuat
1. Masukkan tepung dalam wadah, buat lubang di tengah. Kocok telur dan campurkan ke susu cair, kemudian masukkan ke dalam lubang tepung di wadah. Masukkan sedikit-sedikit sambil diaduk hingga rata dan licin. Tambahkan garam dan margarin, aduk rata
2. Panaskan pan anti lengket (saya pake teflon 18-20cm). Tuang sesendok sayur, ratakan. Setelah pinggiran mulai kering, angkat. Ulangi hingga habis

Sisakan sedikit untuk bahan celupan risoles

Bahan RISOLES

1 resep isian ragout
24-25 kulit risoles (2 resep diatas)
tepung panir secukupnya
minyak untuk menggoreng
2 telor dikocok lepas untuk pencelup, atau gunakan sisa bahan kulit

Cara membuat
1. Isikan ragout ke dalam kulit, lipat.
2. Celupkan ke bahan pencelup
3. Baluri dengan tepung panir halus. Diamkan 30 menit di kulkas supaya panir menempel
4. Goreng di minyak panas di atas api sedang hingga kuning kecoklatan. Tiriskan
note: bersihkan/saring panir yang jatuh di dasar wajan, karena akan membuat kulit risoles yang digoreng berikutnya cepat gosong
http://jehsee.blogspot.com/2015/02/risoles-isi-sayuran-dan-keju.html

Selamat mencoba :)

Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa