Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Pempek Dos Kreasi tanpa Ikan

http://jehsee.blogspot.com/2015/03/pempek-dos-kreasi-tanpa-ikan.html
Bismillah..
Minggu kemarin ada acara kumpul-kumpul bareng di rumah seorang teman. Pengen bawain pempek etapi lagi ga punya stok ikan, mo belanja ke pasar ikan juga lagi riweuh.. Trus inget satu postingan salah satu member NCC yang bikin rame beberapa bulan lalu, pempek dos kreasi. Kreasinya mba Widya Arina ini memang kreatif banget, blio memakai keju parut untuk menggantikan gurihnya ikan. Pempeknya jadi guriih..enak.. kalo udah nyobain ga akan nanya2 lagi deh, 'kok ga berasa ikan?' Soalnya udah keenakan, hihi..
Karena pasukan di rumah pasti makannya banyak, ditambah lagi temen-temen yang pada mo ikutan kumpul bareng juga banyak, jadi saya bikin langsung 2 kali resep. Dan ternyata itu masih kuraaang.. pada protes ga kebagian. Kak Aisyah juga ngambek pulang-pulang di rumah ga disisain pempek lagi :(
Kalo kuah cukonya saya ga ngikut persis resepnya mba Widya Arina, saya sesuaikan dengan selera saja. Saya juga bikin ga terlalu pedas supaya ga diprotes :P
Supaya kuah cuko kental dan pekat, pake gula aren atau gula jawa yang warnanya gelap ya. Hasilnya lebih mantab. Daan..jangan diskip ebinya, bikin maknyuus..

http://jehsee.blogspot.com/2015/03/pempek-dos-kreasi-tanpa-ikan.html

Pempek Dos Kreasi ala Widya Arina
sumber: FB Group NCC

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna
300 gr tepung sagu (saya pake tapioka)
300 ml air
3 sdt garam
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
3 sdm minyak sayur
50 gr keju prochiz, diparut (saya pake keju gouda)

Cara membuat:
1. Didihkan air, tambahkan bawang putih dan garam, kecilkan api lalu tambahkan terigu. Aduk cepat. Matikan api, biarkan adonan dingin
2. Setelah adonan dingin tambahkan keju parut, aduk rata.
3. Masukkan minyak sayur, uleni sampai rata. Tambahkan telur, uleni lagi sampai rata
4. Tambahkan tepung sagu/tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
note: karena lengan & tangan saya yang kuat perkasa :P, saya ulen pake handmixer dengan kaki spiral aja biar cepet. lumayan soalnya book, sekiloo... hehe...
5. Bentuk sesuai selera. Saya: bagi-bagi @40 gr kemudian dibentuk lonjong dan bulat. Untuk yang diisi telur saya bagi @90-100 gram
6. Rebus pempek dalam air mendidih yang diberi sedikit minyak & garam (jangan banyak-banyak tapi garamnya ya..pempeknya sudah gurih asin dari keju soalnya). Biarkan mengapung 5-10 menit baru diangkat. Tiriskan, dinginkan min 30 menit sebelum digoreng
7. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kuning keemasan. Angkat

Kuah Cuko

750 ml air
2 sdm bawang putih halus
50 gr asam jawa
4 cabe merah keriting (tambah ato kurangi sesuai selera), haluskan
2 sdm ebi, sangrai, haluskan
350 gr gula aren atau gula jawa yang warnanya gelap supaya kuah cukonya pekat, sisir
1 sdm garam

Cara membuat
Rebus semua bahan hingga mendidih, kemudian kecilkan api dan teruskan masak hingga kuah agak menyusut. Cicipi, koreksi rasa. Angkat kemudian saring


http://jehsee.blogspot.com/2015/03/pempek-dos-kreasi-tanpa-ikan.html

Selamat mencoba :)

Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa