Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Gulai Daun Kale

http://jehsee.blogspot.com/2015/02/gulai-daun-kale.html


Bismillah..
Yeess..! akhernya bisa ngeblog lagi. Mumpung lagi sempet dan ada moodnya, mari kita borong, hehe..
Baiklah, saya mulai dengan postingan gulai daun kale. Telat banget deh saya baru kenal kale.. udah lama denger tapi baru nemu di toko grocery deket rumah belum lama ini. Ternyata kale ini musiman, kalo musim dingin baru nongol dan ga semua grocery store jual. Dan setelah dicobain ternyata emang bener enaak. Direbus bentar aja pake sedikit garem, udah enak banget buat lalap. Nhah sekarang saya coba bikin gulai. Populernya emang daun kale ini bisa buat gantinya daun singkong. Mentahnya emang agak liat. Direbus bentar sampe setengah matang baru digulai, enaaakk..
http://jehsee.blogspot.com/2015/02/gulai-daun-kale.html
Daun kale ini disebut ratunya sayuran karena kandungan nutrisinya. Kale mengandung antioksidan dan antikanker juga vitamin B, K serta kalsium yang tinggi. Bentuk daunnya hijau keriting. Penampakannya kaya di atas ya..


Gulai Daun Kale
ala mamaaisyah

Bahan
1/2 ikat daun kale, potong-potong, buang tangkainya
1 batang sereh, dikeprek
2 cm lengkuas, dikeprek (saya skip)
2 lembar daun salam
750 ml santan
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt gula merah sisir atau secukupnya
garam secukupnya

Bumbu halus
6 bawang merah
3 bawang putih
3 cabai merah besar
1/2 sdt kunyit bubuk
2 butir kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt terasi matang atau bisa diganti 1/2 sdt ebi sangrai

Cara membuat:
1. Rebus daun kale hingga agak lunak, tiriskan
2. Tumis bumbu halus bersama sereh, lengkuas dan daun salam hingga harum dan matang. Masukkan santan. Didihkan sambil sesekali diaduk
3. Tambahkan garam, gula pasir dan gula jawa, cicipi. Masukkan daun kale, didihkan kembali. Cicipi lagi, koreksi sesuai selera. Angkat

Note: bisa ditambahkan teri medan goreng jika suka, masukkan terakhir sebelum diangkat


http://jehsee.blogspot.com/2015/02/gulai-daun-kale.html

Selamat mencoba :)

Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa