Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Cireng Enak

http://jehsee.blogspot.com/2015/03/cireng-enak.html
Bismillah..
Adududu.. kemana ajaa diriku baru sekarang nyobain cirengnya mba Rina Audie ini. Hasilnya emang top pemirsah. Pantes lah ya, waktu itu pernah baca pak Wisnu merekomendasikan resep ini di FB grup NCC dan kemudian para member rame-rame ikutan mbikin dan grup pun penuh postingan cireng, wkwkw.. Hasil cirengnya emang renyah, empuk tapi juga alot khas cireng tapi ga keras. Kok bisaaa? Karena resepnya pake biang ternyata.. Kayanya segala macem yang ber'biang' emang hasilnya empuk ya. Sebutlah pempek Palembang ini, trus pempek dos, juga roti water-roux.. Pernah baca emang, biang dari tepung yang dipanaskan bersama air hingga menggumpal atau mengental bersifat mengikat dan mempertahankan kandungan airnya lebih lama. Jadilah si makanan awet empuknya karena ga cepet kering..

Cireng ini enak dimakan gitu aja, atau pake bumbu rujak kaya yang waktu itu ngetrend. Nhah berhubung saya masih punya sedikit sisa cuko dari pempek dos yang kemarin, saya makan sebagian cirengnya pake kuah cuko. Ternyata nyambung banget lhoh, enak. Cirengnya gurih trus disruput bareng cuko yang manis asem pedes, enyaak..enyak..enyak.. Cirengnya dipotong-potong dulu kaya makan pempek, trus dituangin kuah cukonya. Yuumm.. :D

Cireng ala Abang Gorengan

Bahan
150 gr aci/tapioka/kanji
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt penyedap rasa (saya skip)
1 batang daun bawang, iris halus (saya skip)

Biang:
50 gr aci/tapioka
150 air

Cara membuat
1. Campur semua bahan dalam wadah. Aduk rata, sisihkan
2. Biang: campur aci dan air dalam panci, aduk hingga rata. Panaskan di atas api kecil sambil terus diaduk hingga kental, liat dan bening
3. Tuang biang panas ke dalam wadah campuran aci kering. Uleni pelan dengan ujung jari. Setelah hangat, lanjutkan uleni dengan telapak tangan hingga menyatu. 
[saya lanjutkan pake handmixer  dengan kaki spiral :p biar cepet..]
4. Taburi tangan dengan aci, ambil sejumput adonan dan bentuk bulat pipih. Supaya tidak lengket satu sama lain, tabur tiap lembar dengan aci (saya sekat pake baking paper)
5. Goreng dalam minyak panas dan agak banyak dengan api kecil-sedang hingga matang (bagian luar kering crisp). Angkat, tiriskan dan segera sajikan

http://jehsee.blogspot.com/2015/03/cireng-enak.html

Goreng sejumlah yang akan dikonsumsi, karena cireng ini mantebnya disajikan panas-panas fresh dari penggorengan ^^

Selamat mencoba :)


Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa