Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Cilok

http://jehsee.blogspot.com/2015/01/cilok.html

Bismillah..
Hayoh, sapa yang jajanannya dari SD sampe emak-emak gini ga bisa move on dari cilok angkat tangaaan..!!
Hehe.. emang cemilan super sehat sepanjang masa ini ya. Cuman aci diaerin trus dimasak dan dicocol ke sambel kacang etapi kok ya enaak. Kenyal kenyil bikin nagih, hihi..
Sekarang mah udah macem-macem ya kreasinya, ada yang diisi daging, abon, telor, keju.. Kalo yang saya inget, dulu pas SD saya suka banget jajan cilok ini (tapi di jogja disebutnya bukan cilok sih, pentol kalo ga salah mah). Ciloknya kecil keciiil banget, plastiknya juga mini dan ga pake isi. Trus kalo ciloknya udah abis, plastiknya ga langsung dibuang. Harus diisep-isep dulu sambelnya di plastik sampe tak bersisa, hehe.. Berapaan itu dulu ya, 25 rupiah juga udah dapet seplastik mini kayanya..

Nhah, beberapa hari lalu ceritanya kami lagi bikin siomay kuah. Karena bikin kaldunya lumayan banyak, jadi saya sisihkan kaldunya sebagian buat bikin cilok. Apa harus pake aer kaldu? ya ga harus sih, cuma lebih enak gurih kalo pake kaldu. 
Sayang banget deh bikinnya kemaren cuman sedikit, abisnya cepet bangeeet. Begitu anak-anak pulang sekolah langsung ludes :D Padahal pas mereka makan itu ciloknya udah ga anget, jadinya udah mule melawan pas digigit. Etapi tetep aja doyan (eh ini doyan apa laper yaa :D). Dan siomaynya pun malah kalah saingan sama cilok, hehe..

http://jehsee.blogspot.com/2015/01/cilok.html

Resep ciloknya saya pake yang standar aja, yaitu yang perbandingan tepung aci/tapioka dan tepung terigunya 1:1. Cilok ini sebaiknya memang disajikan hangat-hangat ya, supaya kenyal tapi ga alot. Kalo udah dingin umumnya cilok jadi alot dan agak melawan kalo digigit. Bisa juga, tepung terigunya dibanyakin supaya ga terlalu alot kalo udah dingin, tapi ya jadinya ga sekenyal cilok yang ini ya..
Monggo disesuaikan selera aja, okeh? ;)

Cilok
diadaptasi dari Ordinary Kitchen: Ricke Indriani

Bahan
100 gr tepung tapioka
100 gr tepung terigu serbaguna
150-200 ml air kaldu (atau air biasa)
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
merica sesuai selera
1 daun bawang, iris halus
isian sesuai selera

Cara membuat:
Campurkan kedua tepung dan daun bawang kemudian masukkan ke dalam wadah. Didihkan kaldu, campurkan bawang putih, garam dan gula. Setelah mendidih, tuang ke campuran tepung sambil diaduk dengan spatula atau sendok kayu. Stop jika dirasa cukup dan bisa dipulung
Setelah hangat, ambil sedikit adonan dan bentuk bola-bola (lumuri tangan dengan tepung untuk mempermudah). Beri isian jika pakai. Rebus bola-bola cilok hingga mengapung, biarkan 15 menit setelah mengapung baru diangkat
Kukus kurang lebih 10 menit atau hingga empuk dan matang

Supaya ciloknya makin manteb, sambel kacangnya juga harus manteb. Tapi sambal kacangnya ga saya kasih resep yaa..soalnya ini saya juga cuman pake sambel pecel, hehe.. Alhamdulillah sambel pecelnya manteb, dapet oleh-oleh dari temen yang abis pulang kampuang :D

Selamat mencoba :)


Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa