Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Chocolate Chips Muffin

http://jehsee.blogspot.com/2017/05/chocolate-chips-muffin.html
Bismillah..
Muffin adalah salah satu kue favoritnya Aisyah. Kalau Hasna selalu ngincer dan milih donat tiap kali ke bakery, nhah kalau Aisyah lebih suka ambil muffin. Muffin coklat, muffin vanilla, choco chips muffin atau yang dengan buah-buahan di dalemnya, semua dia suka. Muffin di bakery memang tampilannya menggiurkan. Ukurannya jumbo, crisp di atas dengan dome yang cantik dan pas digigit, nyess.. lembut bin empuuuk.. Moiiist bener, pake apa itu ya.. *wondering

Nhah, kemaren pas nemu postingan Sally tentang Bakery-Style Choco Chips Muffin langsung deh saya tertarik. Postingannya sepertinya termasuk yang populer dengan banyak komen. Hmm.. makin meyakinkan. Jadi dicobalah bikin tapi dengan loyang muffin biasa/standar, bukan yang jumbo. Resepnya ngikut plek (kecuali penambahan rempah), termasuk juga tipsnya untuk memanggang dengan suhu tinggi di 5 menit awal kemudian diturunkan panas ovennya nya hingga matang. Dan hasilnya adalah muffin yang ngedome tinggi & cantik dengan crisp di atas dan bagian dalamnya moist lembut. Resep yang recommended!

Oiyah, satu hal yang harus diperhatikan saat membuat muffin: jangan overmix. Overmixing membuat bahan pengembang turun ke bawah adonan, dan hasilnya muffin jadi bantet binti padat. Disebutkan Sally (and many others recipe writers), adonan muffin memang seharusnya somewhat lumpy alias bergerindil. Ini gakpapa, yang penting udah ga ada gumpalan besar tepung, stop mixing! 
Trus, satu tips lagi.. Kalo saya pribadi lebih milih pake buttermilk, atau bahkan campuran sour cream untuk membuat muffin. Tentu saja buttermilk dan sour cream nya yang versi homemade yah. Muffin jadi makin moiiist... It's worth the effort! Meski bisa aja sih, pake susu cair aja..tapi toh homemade buttermilk (atau homemade sour cream) kan mudah ;) 
Ohya, untuk versi yang lebih sehat, tentu greek yoghurt juga bisa jadi pilihan :)

http://jehsee.blogspot.com/2017/05/chocolate-chips-muffin.html

Bakery-Style Muffin
makes 6 jumbo muffin or 15-16 standard muffin

Bahan
3 cups (375 gr) tepung terigu serbaguna/protein sedang
4 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1 sdt kayu manis bubuk (saya skip)
1/4 sdt pala bubuk (saya skip)
2 butir telur, suhu ruang
1 cup (200 gr) gula pasir
1 cup (240 ml) susu cair (saya pakai buttermilk homemade)
1/2 cup (120 ml) minyak sayur
1 1/2 cups (270 gr) choco chips
gula pasir kasar untuk taburan (opsional, saya pake gula pasir halus)

Cara membuat
1. Preheat oven 200 C. Olesi cetakan muffin dengan non-stick spray, atau olesi minyak/butter atau gunakan muffin/cupcake liner. Sisihkan
2. Di wadah besar, campurkan tepung, baking powder, garam, kayumanis(jika pakai) dan pala (jika pakai). Mix hingga semua bahan tercampur rata - sekitar 20 detik. Sisihkan
3. Di wadah ukuran medium, kocok gula dan gula hingga rata menggunakan hand whisk. Masukkan susu (buttermilk), minyak dan vanila. Adonan kuning pucat. Masukkan adonan cair ini ke campuran tepung dan aduk rata menggunakan sendok kayu atau spatula. Hindari overmixing
Aduk pelan hingga tidak ada lagi tepung menempel di dasar wadah dan tidak ada lagi gumpalan besar. Adonan akan kental dan sedikit bergerindil. Masukkan choco chips
4. Masukkan ke cetakan, isi hingga hampir penuh. Tambahkan gula pasir kasar di atasnya (jika pakai).
5. Panggang 220 C selama 5 menit kemudian turunkan ke 190C dan teruskan 25-26 menit hingga bagian atas kuning keemasan dan bagian tengahnya tampak set
Jika menggunakan cetakan muffin ukuran standar, kurangi waktu pemanggangan menjadi total 18-19 menit (5 menit di suhu 220 C kemudian 13-14 menit di suhu 190 C)
Biarkan 10 menit di loyang sebelum dinikmati. Muffin sebaiknya dikonsumsi di hari yang sama. Simpan muffin di suhu ruang di dalam wadah rapat/kedap udara hingga 5 hari.

240 ml buttermilk (homemade) = 240 ml susu cair + 1tbsp perasan lemon/nipis
Aduk sebentar kemudiankan biarkan 15 menit dalam suhu ruang yang hangat hingga mengental, siap digunakan
http://jehsee.blogspot.com/2017/05/chocolate-chips-muffin.html

Selamatmat mencoba :)

Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa