Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Capuccino Cupcake

http://jehsee.blogspot.com/2015/02/capuccino-cupcake.html
Bismillah..
Ini sebenernya produk gagal sodara-sodara.. *tutup muka, nyengir lebar
Judulnya mo bikin cupcake.. etapi kenapa hasilnya jadi muffin yak?? eheheheh.. trus kenapa pula udah gagal tetep wae diposting? abis muffin, eh cupcakenya enak sih, ahiiy..
Yang jelas sih bukan salah resep, emang tukang masaknya yang amatiran ini mah. Kurang jam terbang kalo bahasa kerennya :P

Jadi.. resep yang saya contek dari momylicious ini memang tanpa pengembang. Telur dan gula dikocok sampe mengembang baru tepung dimasukkan. Nhah, pas masukin tepung inilah tragedi terjadi *lebay
Saya masukin campuran tepung 3 bagian, yang pertama dan kedua masih aman. Giliran masukin bagian tepung yang terakhir, langsung blup! Adonan kehilangan volumenya alias kempeees..
Ayah yang kebetulan liat langsung komen, 'kok jadi cuman seiprit gitu mah..tadi kaya banyak'. Haha.. Udah speed terendah itu padahal. Iyah, nyampurin tepungnya saya masih pake mikser. Mungkin karena ini ya..rentan overmix.. tapi ah entahlah :D
Daripada adonan kebuang, akhernya saya pake soda kue untuk pertolongan pertama pada indikasi kebantetan. Karena di luar resep yaa dikira-kira aja deh takarannya. Saya tambahin lah 1 sdt soda kue. Ternyata oh ternyata.. kebanyakan sodara-sodara. Cupcakenya malah jadi ngembang bangeet dan penampakannya juga jadi mirip muffin, tinggi dan crack :D Berarti mungkin 3/4 sdt soda kue juga sudah cukup kali ya..
Dan mungkin karena overbaked/kelamaan manggang, tekstur cupcakenya agak kurang moist. Agak seret gituh kalo untuk ukuran cupcake. Yaah gitulah, pokoknya ga sukses aja kemaren buatnya hihihi.. Kapan-kapan pengen cobain lagi ah, soalnya rasanya enak :)

Capuccino Cupcake
source: Momylicious

Bahan
3 butir telur
75 gr gula pasir
110 gr tepung terigu
15 gr coklat bubuk
10 gr maizena
1 bungkus capuccino instan
1/3 sdt vanili bubuk
75 gr margarin dilelehkan/minyak sayur
choco chips untuk topping

Cara membuat:
Kocok telur dan gula hingga mengembang. Masukkan tepung yang sudah dicampur dan diayak bersama coklat bubuk, maizena dan vanili. Masukkan margarin atau minyak dan capuccino, sedikit-sedikit, aduk rata. Tuang dalam paper cup, taburi choco chips. Panggang selama 20-25 menit di suhu 180 C atau sampai matang.

Gimana..berani menerima tantangan? :P
Selamat mencoba :)

Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa