Nasi Uduk Rice Cooker Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

Image
Bismillah..

Alhamdulillah 'ala kulli haal, di musim dingin taun ini suhu udah langsung ngedrop drastis di permulaan. Kalo taun lalu awal bulan Desember masih lumayan ga terlalu dingin, taun ini brr....pagi-pagi nganterin krucil berangkat sekolah udah menggigil kedinginaann..suhu tertulis 0 derajat. Meski stamina & makanan krucil udah sebisa mungkin dijaga, teteep aja ga bisa kabur dari penyakit winter alias batuk pilek dan radang tenggorokan. Dimulai dari yang tengah, trus nular ke bayi trus ke kakaknya. Karena kecapean ngurusin yang pada sakit, jadilah mama kena giliran berikutnya. Hohoho..
Dan karena matahari juga makin jarang nongol, belakangan jadi males juga angkat kamera. Lha soalnya dengan lighting yang OK aja komposisi suka ancur, fokus sering meleset, apalagi pas cuaca yang mendung kaya begini kan.. Jadi mohon dimaklumkeun lah yah kalo hasilnya burem, heheu..yang penting resepnya ga ikutan burem :D

Beberapa waktu lalu saya bikin nasi uduk. Biasaaa...masih dengan rice…

Ayam Panggang Pedas

http://jehsee.blogspot.com/2015/01/ayam-panggang-pedas.html
Bismillah..
Sebenarnya waktu itu saya lagi pingin bikin ayam bekakak. Pas liat stok di kulkas, ternyata semua ayamnya udah dipotong-potong sama ayah. Yowes, jadinya bikin ayam panggang pedas biasa aja. Tapi dengan resep dan bumbu yang sama juga bisa dibikin ayam bekakak yah man-teman. Tinggal ayamnya dibelah bagian dadanya hingga ke bawah, kemudian direntangkan. Panggang atau bakarnya bisa dengan arang, bisa juga dengan oven atau bisa juga kaya saya ini, pake teflon saja. Praktis :)

Tingkat kepedasan juga disesuaikan saja ya, bisa ditambahkan cabe rawit kalo mau. Kali ini saya pake cabe merah besar, yang ternyata pedasnya kurang nendang buat saya. Kalo saya ma suami sih masih butuh sambel lagi, hehe.. tapi buat kak Aisyah ini pas, karna dia udah mulai suka pedes tapi yang ga terlalu nggigit. Kalo Hasna & Hannah? Masakan buat mereka mah beda lagi, alias musti masak sedikitnya 2 menu kalo lagi pengen masakan pedes kaya gini.. Agak rempong emang ya, tapi demi makan enak rempong dikit takpapalah :D

http://jehsee.blogspot.com/2015/01/ayam-panggang-pedas.html

Ayam Panggang Pedas

Bahan
1 ekor ayam (potong-potong)
1-2 batang sereh, memarkan
2 lembar daun salam
300 ml air
2-3 sdm kecap manis
1 sdm gula jawa sisir
minyak untuk menumis

Bumbu halus
8 bawang merah
5 bawang putih
4 butir kemiri
1 sdt ketumbar
3 cabe merah besar (tambahkan jika suka pedas)

2 sdt garam atau sesuai selera
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt kunyit bubuk

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus bersama sereh dan daun salam hingga harum dan matang. Tambahkan gula jawa dan kecap, aduk sebentar
2. Masukkan ayam, bolak balik hingga berubah warna kemudian tambahkan air. Didihkan, setelah mendidih tutup wajan dan kecilkan api. Teruskan memasak hingga air menyusut dan ayam matang.
note: jika air habis sebelum ayam matang, bisa ditambahkan air lagi
3. Bakar/panggang ayam di atas arang sambil diolesi bumbu. Jika menggunakan oven, panggang di suhu 180C selama kurang lebih 15 menit

Sajikan dengan nasi putih hangat dan lalap, nyaaammm :)

Selamat mencoba :)





Comments

Popular posts from this blog

Es Krim Rumahan Simpel Sederhana tapi Lembuuut

Pindang Tuna Mantap

Dadar Gulung Isi Unti Kelapa